Covid-19 Bakal Jadi Endemi seperti DBD, Rakyat Harus Bersiap untuk Hal Ini

Covid-19 Bakal Jadi Endemi seperti DBD, Rakyat Harus Bersiap untuk Hal Ini

JAKARTA - Ilmuwan menyebut covid 19 bakal berubah dari pandemi jadi endemi, dan diprediksi terjadi tahun depan. Pemerintah juga mempersiapkan kemungkinan itu.

dr Novrina W Resti seperti dilansir laman Kemendikbud menjelaskan, endemi adalah penyakit yang berjangkit di suatu daerah atau pada suatu golongan masyarakat.

Endemi merupakan keadaan atau kemunculan suatu penyakit yang konstan atau penyakit tersebut biasa ada di dalam suatu populasi atau area geografis tertentu.

Contoh penyakit endemi di Indonesia adalah malaria dan demam berdarah dengue (DBD).

Apa yang Harus Dilakukan?

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan, ada lima hal yang perlu disiapkan agar dapat melakukan transisi dari pandemi Covid-19 menuju epidemi.

Lima hal penting itu, pertama masyarakat harus tetap memakai masker saat beraktivitas dan menerapkan prokes 3M dan pembentukan posko PPKM berbasis mikro.

Kedua, upaya percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity.

Ketiga, testing dan pelacakan menjadi hal tidak kalah penting. Setiap daerah nantinya harus mampu menyediakan minimal satu atau dua laboratorium PCR.

Keempat yakni tracing, tenaga swab dan tracer diperbanyak, sehingga mampu mencapai target yang telah ditentukan yakni 1:15.

Kelima adalah treatment, tiap daerah dihimbau untuk dapat menyediakan tempat isolasi terpusat yang memadai. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: